AN ANALYSIS OF CHARACTER EDUCATION VALUES IN THE CHARACTERIZATION OF EUSTACE SCRUBB IN THE CHRONICLES OF NARNIA : THE VOYAGE OF THE DAWN TREADER

Putri, Kadek Dwi Trisna Ananda (2021) AN ANALYSIS OF CHARACTER EDUCATION VALUES IN THE CHARACTERIZATION OF EUSTACE SCRUBB IN THE CHRONICLES OF NARNIA : THE VOYAGE OF THE DAWN TREADER. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021238-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021238-ABSTRAK.pdf

Download (363kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021238-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (340kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021238-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021238-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021238-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021238-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021238-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021238-LAMPIRAN.pdf

Download (754kB)

Abstract

Penurunan karakter yang terjadi di Indonesia membuat Pemerintah menekankan pendidikan karakter disetiap sekolah. Salah satu media yang dapat digunakan untuk mengajarkan pendidikan karakter anak adalah novel anak-anak. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi lima nilai utama yang diusulkan oleh Kementrian Pendidikan dan Budaya (2017) yang terdapat pada karakterisasi dari Eustace Scrubb dalam novel berjudul The Chronicles of Narnia: The Voyage of The Dawn Treader. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini ditemukan 15 karakterisasi dari Eustace Scrubb, yaitu nakal, tidak sopan, egois, sombong, serakah, pembohong, penakut, pemarah, kooperatif, jujur, pemberani, rela berkorban, suka menolong, memiliki rasa ingin tahu, dan persahabatan. Ditemukan juga perubahan pada beberapa karakterisasi dari karakter buruk menjadi karakter baik. Dari 15 karakterisasi terdapat 7 karakterisasi yang termasuk dalam lima nilai karakter utama yaitu persahabatan yang termasuk dalam nilai karakter religious, rela berkorban termasuk dalam nilai karakter nasionalis, pemberani dan rasa ingin tahu termasuk dalam nilai karakter mandiri, suka menolong dan kooperatif termasuk dalam nilai karakter gotong royong, dan jujur termasuk dalam nilai karakter integritas. Hasil penelitian menunjukan bahwa novel anak-anak dapat digunakan sebagai media untuk mengajarkan pendidikan karakter pada anak. Novel anak-anak mengandung nilai-nilai karakter yang dapat dijadikan contoh bagi anak-anak dalam mempelajari karakter yang baik. Dengan demikian, implikasi dapat ditarik dari penelitian ini terkait dengan peningkatan kesadaran guru dalam menggunakan cerita untuk mengajarkan nilai-nilai karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pendidikan karakter, lima nilai utama, novel anak-anak
Subjects: P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PR English literature
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Kadek Dwi Trisna Ananda Putri
Date Deposited: 16 Feb 2021 04:35
Last Modified: 16 Feb 2021 04:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5002

Actions (login required)

View Item View Item