PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP

Eka, Putu (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613071033-COVER.pdf

Download (801kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613071033-ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071033-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071033-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613071033-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan menganalisis perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran Multimedia Interaktif dan siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran PowerPoint. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian pretest posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Melaya tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 117 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 30 butir pada materi pencemaran lingkungan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t (Independent Sampels T-Test) pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran Multimedia Interaktif dan siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran PowerPoint. Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran Multimedia Interaktif lebih baik dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran PowerPoint. Hal ini ditunjukan oleh rata-rata skor tes hasil belajar IPA siswa rata-rata skor tes hasil belajar IPA siswa pada kelas eksperimen adalah 79,68 dan rata-rata skor tes hasil belajar IPA siswa pada kelas kontrol adalah 67,97.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, PowerPoint, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: NI PUTU EKA DWI ARTINI
Date Deposited: 21 Feb 2021 06:24
Last Modified: 21 Feb 2021 06:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5332

Actions (login required)

View Item View Item