PENGARUH PENDEKATAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP TAMAN PENDIDIKAN 45 DENPASAR

Savitri, Made Dwi (2021) PENGARUH PENDEKATAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP TAMAN PENDIDIKAN 45 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1629051009-COVER)
1629051009-Cover.pdf

Download (662kB)
[img] Text (1629051009-ABSTRAK)
1629051009-Abstrak.pdf

Download (297kB)
[img] Text (1629051009-BAB 1 PENDAHULUAN)
1629051009-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (355kB)
[img] Text (1629051009-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1629051009-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (1629051009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1629051009-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (1629051009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1629051009-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (1629051009-BAB 5 PENUTUP)
1629051009-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (1629051009-DAFTAR PUSTAKA)
1629051009-Daftar Pustaka.pdf

Download (221kB)
[img] Text (1629051009-LAMPIRAN)
1629051009-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Eliciting Activities (MEAs) berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematika siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen dengan post-test only control group design pada populasi yang terdiri 132 siswa kelas VIII SMP Taman Pendidikan 45 Denpasar yang tersebar dalam 4 kelas. Penarikan sampel menggunakan cluster random sampling dan ditetapkan kelas VIIIA dan VIIIC sebagai sampel penelitian. Data penelitian berupa data pemahaman konsep dan disposisi matematika dikumpulkan masing-masing dengan tes uraian dan angket yang selanjutnya dianalisis dengan Uji Manova dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai F dari uji wilks lambda sama dengan 5,656, dengan nilai signifikansi 0,023. Jika nilai signifikansi 0,023 dibandingkan dengan alpha 0,05, maka nilai tersebut jauh lebih kecil, sehingga dapat diputuskan Ho ditolak. Oleh karena itu, hasil eksperimen ini menunjukkan bahwa Pendekatan MEAs berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Eliciting Activities (MEAs), Pemahaman Konsep, Disposisi Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Made Dwi Savitri
Date Deposited: 22 Feb 2021 02:31
Last Modified: 22 Feb 2021 02:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5390

Actions (login required)

View Item View Item