Savitri, Made Dwi (2021) PENGARUH PENDEKATAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP TAMAN PENDIDIKAN 45 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1629051009-COVER)
1629051009-Cover.pdf Download (662kB) |
|
Text (1629051009-ABSTRAK)
1629051009-Abstrak.pdf Download (297kB) |
|
Text (1629051009-BAB 1 PENDAHULUAN)
1629051009-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (355kB) |
|
Text (1629051009-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1629051009-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) | Request a copy |
|
Text (1629051009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1629051009-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) | Request a copy |
|
Text (1629051009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1629051009-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) | Request a copy |
|
Text (1629051009-BAB 5 PENUTUP)
1629051009-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) | Request a copy |
|
Text (1629051009-DAFTAR PUSTAKA)
1629051009-Daftar Pustaka.pdf Download (221kB) |
|
Text (1629051009-LAMPIRAN)
1629051009-Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Eliciting Activities (MEAs) berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematika siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen dengan post-test only control group design pada populasi yang terdiri 132 siswa kelas VIII SMP Taman Pendidikan 45 Denpasar yang tersebar dalam 4 kelas. Penarikan sampel menggunakan cluster random sampling dan ditetapkan kelas VIIIA dan VIIIC sebagai sampel penelitian. Data penelitian berupa data pemahaman konsep dan disposisi matematika dikumpulkan masing-masing dengan tes uraian dan angket yang selanjutnya dianalisis dengan Uji Manova dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai F dari uji wilks lambda sama dengan 5,656, dengan nilai signifikansi 0,023. Jika nilai signifikansi 0,023 dibandingkan dengan alpha 0,05, maka nilai tersebut jauh lebih kecil, sehingga dapat diputuskan Ho ditolak. Oleh karena itu, hasil eksperimen ini menunjukkan bahwa Pendekatan MEAs berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Eliciting Activities (MEAs), Pemahaman Konsep, Disposisi Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Made Dwi Savitri |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 02:31 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 02:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5390 |
Actions (login required)
View Item |