Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 2 Denpasar.

Indriyani, Komang Windhi (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 2 Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1617011051-COVER)
1617011051-COVER.pdf

Download (328kB)
[img] Text (1617011051-ABSTRAK)
1617011051-ABSTRAK.pdf

Download (98kB)
[img] Text (1617011051-BAB 1 PENDAHULUAN)
1617011051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text (1617011051-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1617011051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (1617011051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1617011051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (1617011051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1617011051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (1617011051-BAB 5 PENUTUP)
1617011051-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (1617011051-DAFTAR PUSTAKA)
1617011051-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text (1617011051-LAMPIRAN)
1617011051-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan studi ini mengetahui, (1) peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pelajaran ekonomi melalui penerapan model kooperatif tipe team assisted individualization (2) peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi melalui penerapan model pembelajaran team assisted individualization. Studi ini merupakan PTK melalui 2 siklus. Subyek studi ini yaitu 45 orang siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 2 Denpasar. Obyek studi ini yakni aktivitas dan hasil belajar siswa dibidang pembelajaran ekonomi melalui pengimplementasian model pembelajaran Team Assisted Individualization. Studi ini menggunakan data kuantitatif yang bersumber dari data primer. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi dan tes. Deskriptif kuantitatif digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil studi menunjukkan bahwa, (1) adanya peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model TAI, selama siklus I mendapatkan rata-rata 6,75 berkategori cukup aktif kemudian di siklus II meningkat menjadi 8,85 berkategori aktif, dan (2) Penggunaan model pembelajaran TAI bisa memperbaiki hasil belajar siswa, di siklus I didapat rerata 67,11 berkategori cukup dan selama siklus II bertambah menjadi 80,11 pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran team assisted individualization (TAI), aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: KOMANG WINDHI INDRIYANI
Date Deposited: 23 Feb 2021 01:32
Last Modified: 23 Feb 2021 01:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5423

Actions (login required)

View Item View Item