Iswani, Putu Ayu Danti (2021) Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri Se-Kecamatan Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613071003-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613071003-ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (139kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613071003-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan gaya belajar siswa dan faktor-faktor yang memengaruhi gaya belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran IPA SMP Negeri Se-Kecamatan Kuta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian campuran (mix methods) dengan strategi eksplanatoris sekuensial. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah sampel 270 yang diambil dengan teknik proportionate random sampling dari jumlah populasi sebanyak 1.084, 3 guru IPA, 3 waka sarana dan prasarana, 3 kepala perpustakaan, 3 kepala LAB IPA. Objek dalam penelitian ini adalah gaya belajar siswa dan faktor-faktor yang memengaruhi gaya belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran IPA SMP Negeri Se-Kecamatan Kuta Utara. Pengambilan sampel pada data wawancara dilakukan dengan teknik purposive sampling dan teknik snowball sampling. Data profil gaya belajar siswa diperoleh melalui angket, sedangkan data faktor-faktor yang memengaruhi gaya belajar pada pembelajaran IPA diperoleh melalui wawancara. Teknik analisis gaya belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan statistik deskriptif, sedangkan untuk faktor-faktor yang memengaruhi gaya belajar pada pembelajaran IPA dilakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Profil gaya belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran IPA SMP Negeri Se-Kecamatan Kuta Utara yaitu yang siswa yang memiliki gaya belajar visual 24%, gaya belajar auditori 61%, dan gaya belajar kinestetik 15% (2) faktor-faktor yang memengaruhi gaya belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Kuta Utara terdiri atas faktor internal yaitu kesehatan/jasmani dan faktor ekternal yaitu guru, fasilitas belajar, keluarga, teman sebaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gaya belajar, pembelajaran IPA, faktor internal, faktor eksternal. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Putu Ayu Danti Iswani |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 00:57 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 00:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5483 |
Actions (login required)
View Item |