Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Berbasis Guided Discovery Materi Bangun Ruang Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD No. 2 Tibubeneng Kecamatan Kuta Utara

Elisyanti, Ni Made Sri (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Berbasis Guided Discovery Materi Bangun Ruang Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD No. 2 Tibubeneng Kecamatan Kuta Utara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031146-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031146-ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031146-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (518kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031146-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031146-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031146-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031146-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031146-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031146-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya lembar kegiatan untuk pembelajaran daring pada situasi pandemi covid-19 yang mengakibatkan LKPD yang diberikan kepada peserta didik kurang maksimal sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan penggunaan rumus-rumus materi bangun ruang pada mata pelajaran matematika. Selain itu, umpan balik yang dirasakan peserta didik terhadap LKPD yang diberikan oleh guru kurang cepat. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan LKPD interaktif dan (2) mendeskripsikan kelayakan LKPD interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu metode kuesioner yang dilengkapi dengan metode observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil rancang bangun pengembangan LKPD interaktif ini meliputi lima tahap yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. (2) Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa LKPD interaktif layak berdasarkan: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi baik (87,5%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (91%), dan (d) hasil uji perorangan dari peserta didik dengan kualifikasi sangat baik (93,67%) dan Hasil uji perorangan dari guru dengan kualifikasi sangat baik (95,83%). Berdasarkan uji kelayakan tersebut pengembangan LKPD interaktif layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, LKPD, Interaktif, Guided Discovery
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI MADE SRI ELISYANTI
Date Deposited: 25 Feb 2021 03:47
Last Modified: 25 Feb 2021 03:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5540

Actions (login required)

View Item View Item