Elisyanti, Ni Made Sri (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Berbasis Guided Discovery Materi Bangun Ruang Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD No. 2 Tibubeneng Kecamatan Kuta Utara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031146-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031146-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031146-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (518kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031146-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031146-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (712kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031146-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031146-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031146-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (370kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031146-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya lembar kegiatan untuk pembelajaran daring pada situasi pandemi covid-19 yang mengakibatkan LKPD yang diberikan kepada peserta didik kurang maksimal sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan penggunaan rumus-rumus materi bangun ruang pada mata pelajaran matematika. Selain itu, umpan balik yang dirasakan peserta didik terhadap LKPD yang diberikan oleh guru kurang cepat. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan LKPD interaktif dan (2) mendeskripsikan kelayakan LKPD interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu metode kuesioner yang dilengkapi dengan metode observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil rancang bangun pengembangan LKPD interaktif ini meliputi lima tahap yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. (2) Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa LKPD interaktif layak berdasarkan: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi baik (87,5%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (91%), dan (d) hasil uji perorangan dari peserta didik dengan kualifikasi sangat baik (93,67%) dan Hasil uji perorangan dari guru dengan kualifikasi sangat baik (95,83%). Berdasarkan uji kelayakan tersebut pengembangan LKPD interaktif layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, LKPD, Interaktif, Guided Discovery |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI MADE SRI ELISYANTI |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 03:47 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 03:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5540 |
Actions (login required)
View Item |