PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LUNYUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Partayasa, Wayan (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LUNYUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1629051047-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1629051047-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1629051047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1629051047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1629051047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1629051047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1629051047-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1629051047-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1629051047-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Model pembelajaran CPS memberikan keleluasaan kepada siswa untuk berkreativitas dalam memecahkan masalah dengan cara yang dikehendaki. Untuk menunjang kemampuan siswa dalam merancang strategi penyelesaian masalah model pembelajaran CPS dikombinasikan dengan video pembelajaran yang diberikan kepada siswa sebelum proses pembelajaran berlangsung sebagai pengetahuan awal tentang materi yang akan dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajakan dengan model pembelajaran CPS berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada pembelajaran konvensional, (2) pada kelompok siswa yang memiliki minat belajar yang lebih tinggi dan yang lebih rendah apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CPS berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada pembelajaran konvensional, (3) apakah model pembelajaran CPS berbantuan video pembelajaran berkontibusi positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi (mixed methods) dengan desain sequential explanatory. Data kuantitatif dianalisis dengan uji-t, sedang data kulitatif menggunakan analisis deskriptif. Data kuantitatif diperoleh melalui Post test sedangkan kualitatif dari hasil observasi, wawancara, angket minat belajar siswa, dan dokumentasi. Jumlah Populasinya 81 siswa dari keseluruhan kelas VII SMPN 1 Lunyuk. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian ini adalah: (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CPS lebih baik daripada pembelajaran konvensional, (2) pada kelompok siswa yang memiliki minat belajar yang lebih tinggi dan yang lebih rendah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CPS berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada pembelajaran konvensional. (3) model pembelajaran CPS berbantuan video pembelajaran mampu memberikan kontribusi positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran, Kemampuan Pemecahan Masalah, Minat Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Partayasa Wayan
Date Deposited: 25 Oct 2019 01:28
Last Modified: 25 Oct 2019 01:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item View Item