PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN DENPASAR TIMUR KOTA DENPASAR TAHUN AJARAN 2019/2020

Saputra, I Putu Agus Adi (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN DENPASAR TIMUR KOTA DENPASAR TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031261-COVER.pdf

Download (994kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031261-ABSTRAK.pdf

Download (20kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031261-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031261-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031261-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031261-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031261-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031261-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031261-LAMPIRAN.pdf

Download (527kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kualitas hasil pengembangan instrumen penilaian kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar tahunajaran 2019/2020. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg & Gall. Model Borg & Gall terdiri atas empat tahapan dengan tujuh langkah langkah penting yaitu tahap satu yang terdiri dari dua yaitu memunculkan ide/gagagsan lalu melaksanakan survey lapangan maupun kepustakaan. Tahap ke dua merupakan tahap pengembangan. Tahap tiga merupakan tahap uji coba produk secara terbatas dan bila memungkinkan dilanjutkan dengan uji coba secara luas. Tahap keempat adalah tahap validasi produkyang terdiri atas pengujian validasi produk serta kegiatan desiminasi dan pelaporan. Pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Keempat tahapan model pengembangan ini dijadikan acuan dalam memproduksi dan memvalidasi instrumen penilaian yang dikembangkan. Validasi instrument penilaian dilakukan oleh dua ahli isi mata pelajaran dan 65 siswa untuk uji coba lapangan. Data dikumpulkan dengan metode tes. Instrumen tes yang digunakan ialah berupa tes objektif pilihan ganda untuk menilai kompetensi pengethauan siswa. Hasil penelitian ini adalah uji validitas isi sebesar 1.00 termasuk kategori sangat tinggi, uji validitas butir dihasilkan 32 butir tes valid, uji reliabilitas tes sebesar 0,816 termasuk kriteria sangat tinggi, analisis daya beda soal tidak diperoleh soal dengan kriteria sangat baik, 13 soal cukup baik, 3 soal baik, dan 16 soal kurang baik, analisis tingkat kesukaran diperoleh hasil bahwa terdapat 13 soal dengan kriteria mudah dan 19 soal dengan kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instrumen Penilaian, Kompetensi Pengetahuan, Model Borg & Gall
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I PUTU AGUS ADI SAPUTRA
Date Deposited: 26 Feb 2021 04:48
Last Modified: 26 Feb 2021 04:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5814

Actions (login required)

View Item View Item