Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Kontekstual Pada Muatan Materi Keragaman Budaya Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD No. 4 Dalung Kuta Utara

Dewi, Ni Nyoman Saras Kamala (2021) Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Kontekstual Pada Muatan Materi Keragaman Budaya Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD No. 4 Dalung Kuta Utara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031025-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031025-ABSTRAK.pdf

Download (582kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (887kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (469kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031025-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang bervariatif dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS menjadi salah satu alasan penelitian pengembangan ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media audio visual berbasis kontekstual untuk mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV sekolah dasar. Subjek penelitian ini yaitu ahli isi bidang studi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaan, dan siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyzed, design, development, implementation, evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode non tes dengan instrumen yang digunakan yaitu kuesioner/angket. Metode analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis statistik deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa media audio visual berbasis kontekstual layak untuk digunakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulasan (a) ahli isi mata pelajaran (87,50%), (b) ahli desain pembelajaran (91,67%), (c) ahli media pembelajaran (85%), dan (d) uji coba perorangan (97,50%). Jadi penelitian ini menunjukkan bahwa media audio visual berbasis kontekstual berada pada kualifikasi sangat baik sehingga layak digunakan pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV sekolah dasar. Media audio visual berbasis kontekstual ini dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: audio visual, kontekstual, IPS, ADDIE
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Saras Kamala Dewi
Date Deposited: 02 Mar 2021 04:16
Last Modified: 02 Mar 2021 04:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6010

Actions (login required)

View Item View Item