PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-FLASHCARD PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SD NO. 2 MENGWI

Wangi, I Dewa Ayu Nyoman Putri (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-FLASHCARD PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SD NO. 2 MENGWI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031127-COVER.pdf

Download (649kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031127-ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031127-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (309kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031127-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 MATODELOGI PENELITIAN)
1711031127-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031127-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031127-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031127-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031127-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan berdasarkan hasil analisis kebutuhan akan media pembelajaran di sekolah dasar selama proses pembelajaran daring. Kurangnya pemahaman peserta didik mengenai penjelasan materi yang diberikan guru secara daring dan kurangnya penerapan media pembelajaran oleh guru. Untuk itu, dalam pembelajaran akan lebih baik dalam pencapaian tujuan yang diharapkan, perlu menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rancang bangun dari produk Media Pembelajaran E-Flashcard dan mengetahui hasil validasi Media Pembelajaran EFlashcard menurut hasil review para ahli, uji pengguna perorangan, dan uji pengguna kelompok kecil. Produk media pembelajaran E-Flashcard diharapkan dapat dimanfaatkan secara mandiri oleh siswa selama proses pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data digunakan metode kuesioner. Analisis data digunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data memperoleh hasil sebagai berikut. (a) hasil uji ahli isi mata pelajaran diperoleh skor 100 dengan kategori sangat baik, (b) hasil uji ahli desain pembelajaran diperoleh skor 80,00 dengan kategori baik, (c) hasil uji ahli media pembelajaran diperoleh skor 89,33 dengan kategori baik, (d) hasil uji coba perorangan diperoleh skor 92,72 dengan kategori sangat baik, dan (e) hasil uji coba kelompok kecil diperoleh skor 92,00 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data uji produk oleh para ahli (ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran) dan hasil uji coba pada siswa disimpulkan bahwa Media Pembelajaran E-Flashcard hasil penelitian ini adalah layak digunakan dalam pembelajaran muatan IPA. Pengembangan media pembelajaran E-Flashcard ini berimplikasi pada meningkatkan motivasi belajar, memudahkan siswa memahami materi di masa pandemi covid-19, dan memudahkan guru menyampaikan materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Flashcard, ADDIE, pengembangan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I DEWA AYU NYOMAN PUTRI WANGI
Date Deposited: 02 Mar 2021 05:34
Last Modified: 02 Mar 2021 05:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6023

Actions (login required)

View Item View Item