META-ANALISIS KARAKTERISTIK ETNOMATEMATIKA DAN PENGARUHNYA PADA HASIL BELAJAR SISWA

Manase Oktovianus, Tungga (2021) META-ANALISIS KARAKTERISTIK ETNOMATEMATIKA DAN PENGARUHNYA PADA HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1629051046-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1629051046-ABSTRAK.pdf

Download (376kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1629051046-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (459kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1629051046-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1629051046-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1629051046-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1629051046-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1629051046-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (501kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1629051046-LAMPIRAN.pdf

Download (451kB)

Abstract

ABSTRAK Tungga Manase Oktovianus. 2021. Meta-Analisis Karakteristik Etnomatematika Dan Pengaruhnya Pada Hasil Belajar Siswa. Tesis (Tidak Diterbitkan). Singaraja: Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Gusti Putu Suharta, M.Si. dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si. Kata Kunci: Karakteristik, Etnomatematika, Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar: (1) pengaruh penerapan etnomatematika terhadap hasil belajar, dan (2) pengaruh karakteritik etnomatematika terhadap hasil belajar. Populasi dari penelitian adalah artikel pada jurnal pendidikan matematika yang telah dipublikasikan secara Nasional maupun Internasional. Penelitian ini menggunakan Teknik meta analisis. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen dari kelompok kontrol, dengan effect size 0,42 yang berarti dalam kategori besar, hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis etnomatematika memberikan pengaruh yang lebih efektif dan patut diterapkan dalam pembelajaran Matematika, dengan pembelajaran berbasis etnomatematika dapat dijadikan alternatif pembelajaran untuk meningkatkan pembelajaran matematika siswa.(2) mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Nilai besar pengaruh jenjang SMP adalah 0,43 dan SMA adalah 0,47 yang berarti kedua jenjang pendidikan tersebut memiliki besar pengaruh yang masuk dalam kategori efek besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, Etnomatematika, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Manase Oktovianus Tungga
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:31
Last Modified: 09 Mar 2021 02:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6096

Actions (login required)

View Item View Item