Manase Oktovianus, Tungga (2021) META-ANALISIS KARAKTERISTIK ETNOMATEMATIKA DAN PENGARUHNYA PADA HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1629051046-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1629051046-ABSTRAK.pdf Download (376kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1629051046-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (459kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1629051046-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1629051046-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1629051046-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1629051046-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1629051046-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (501kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1629051046-LAMPIRAN.pdf Download (451kB) |
Abstract
ABSTRAK Tungga Manase Oktovianus. 2021. Meta-Analisis Karakteristik Etnomatematika Dan Pengaruhnya Pada Hasil Belajar Siswa. Tesis (Tidak Diterbitkan). Singaraja: Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Gusti Putu Suharta, M.Si. dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si. Kata Kunci: Karakteristik, Etnomatematika, Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar: (1) pengaruh penerapan etnomatematika terhadap hasil belajar, dan (2) pengaruh karakteritik etnomatematika terhadap hasil belajar. Populasi dari penelitian adalah artikel pada jurnal pendidikan matematika yang telah dipublikasikan secara Nasional maupun Internasional. Penelitian ini menggunakan Teknik meta analisis. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen dari kelompok kontrol, dengan effect size 0,42 yang berarti dalam kategori besar, hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis etnomatematika memberikan pengaruh yang lebih efektif dan patut diterapkan dalam pembelajaran Matematika, dengan pembelajaran berbasis etnomatematika dapat dijadikan alternatif pembelajaran untuk meningkatkan pembelajaran matematika siswa.(2) mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Nilai besar pengaruh jenjang SMP adalah 0,43 dan SMA adalah 0,47 yang berarti kedua jenjang pendidikan tersebut memiliki besar pengaruh yang masuk dalam kategori efek besar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakteristik, Etnomatematika, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Manase Oktovianus Tungga |
Date Deposited: | 09 Mar 2021 02:31 |
Last Modified: | 09 Mar 2021 02:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6096 |
Actions (login required)
View Item |