Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Materi Bangun Datar Muatan Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Dalung

Pradiptha, I Putu Alvin (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Materi Bangun Datar Muatan Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Dalung. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031225-COVER.pdf

Download (309kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031225-ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031225-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031225-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031225-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031225-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031225-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031225-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (536kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031225-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kurangnya sumber belajar sebagai fasilitas dalam kegiatan pembelajaran, mengakibatkan sulitnya siswa dalam memahami materi. Melihat hal tersebut dirasa perlu untuk mengembangkan media LKPD sebagai sarana dalam pembelajaran kreatif yang dapat membantu siswa dan guru pada saat pelaksanaan mata pelajaran Matematika khususnya materi bangun datar kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan dari LKPD berbasis Problem solving pada pelajaran matematika muatan materi bangun datar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE dengan tahapan (1) analyze (2) design (3) development (4) implementation (5) evaluation. Subjek uji coba produk pada penelitian terdapat beberapa tahap yaitu tahap review para ahli dengan 3 orang ahli materi, desain, dan media. Tahap uji coba perorangan dengan 1 sampai 3 orang. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Setelah diperoleh persentase melalui beberapa tahap uji dan selanjutnya dikonversikan dengan tabel konversi tingkat pencapaian skala 5 didapatkan hasil persentase review ahli isi mata pelajaran yaitu 92%, ahli desain yaitu 90 %, dan ahli media yaitu 93 % dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan hasil uji coba peorangan yaitu 93,33% dengan kualifikasi sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sudah memenuhi syarat. Jadi dapat disimpulkan bahwa, pengembangan produk LKPD Berbasis Problem Solving layak digunakan pada materi bangun datar di kelas IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Matematika, Problem Solving, LKPD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Putu Alvin Pradiptha
Date Deposited: 14 Jun 2021 01:19
Last Modified: 14 Jun 2021 01:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6238

Actions (login required)

View Item View Item