PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MUNCAR

Dinasty, Arga (2021) PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MUNCAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011104-COVER.pdf

Download (401kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011104-ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011104-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011104-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011104-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011104-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011104-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011104-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011104-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muncar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperiemen semu (quasi experiment) dengan rancangan post test only control grup. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muncar tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 274. Penentuan sampel dilakukan dengan cara teknik cluster random sampling yang disyaratkan terpenuhinya kesetaraan populasi menggunakan uji ANAVA satu jalur. Data penelitian adalah motivasi belajar matematika siswa yang diperoleh melalui penyebaran instrumen di akhir penelitian. Data dianalisis menggunakan uji t satu ekor dengan taraf signifikasi 5%. Hasil analisis menunjukkan nilai thitung¬ = 3,032 > ttabel = 1,996 sehingga tolak H0 dan H1 diterima. Hasil analisis menjelaskan bahwa motivasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran metode hypnoteaching lebih tinggi daripada motivasi belajar matematika siswa kelompok yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode hypnoteaching berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muncar. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji dan mengembangakan kembali terkait metode hypnoteaching dapat menggunakan pokok bahasan, situasi dan kondisi yang berbeda serta variabel yang relevan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hypnoteaching, Motivasi Belajar, Siswa SMP
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Arga Dinasty
Date Deposited: 08 Jul 2021 16:10
Last Modified: 08 Jul 2021 16:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6303

Actions (login required)

View Item View Item