Dinasty, Arga (2021) PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MUNCAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011104-COVER.pdf Download (401kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011104-ABSTRAK.pdf Download (149kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011104-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (209kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011104-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011104-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011104-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011104-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011104-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011104-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muncar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperiemen semu (quasi experiment) dengan rancangan post test only control grup. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muncar tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 274. Penentuan sampel dilakukan dengan cara teknik cluster random sampling yang disyaratkan terpenuhinya kesetaraan populasi menggunakan uji ANAVA satu jalur. Data penelitian adalah motivasi belajar matematika siswa yang diperoleh melalui penyebaran instrumen di akhir penelitian. Data dianalisis menggunakan uji t satu ekor dengan taraf signifikasi 5%. Hasil analisis menunjukkan nilai thitung¬ = 3,032 > ttabel = 1,996 sehingga tolak H0 dan H1 diterima. Hasil analisis menjelaskan bahwa motivasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran metode hypnoteaching lebih tinggi daripada motivasi belajar matematika siswa kelompok yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode hypnoteaching berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muncar. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji dan mengembangakan kembali terkait metode hypnoteaching dapat menggunakan pokok bahasan, situasi dan kondisi yang berbeda serta variabel yang relevan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hypnoteaching, Motivasi Belajar, Siswa SMP |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Arga Dinasty |
Date Deposited: | 08 Jul 2021 16:10 |
Last Modified: | 08 Jul 2021 16:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6303 |
Actions (login required)
View Item |