Purnamayani, Ni Made Desy (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WRITE PAIR-SWITCH (WPS) TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GEROKGAK. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929011002-Cover.pdf Download (603kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929011002-Abstrak.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929011002-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929011002-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929011002-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929011002-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929011002-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929011002-Daftar Pustaka.pdf Download (107kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929011002-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gerokgak dengan menggunakan model konvensional dan model pembelajaran kooperatif tipe write-pair-switch (WPS), serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe WPS terhadap aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gerokgak. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penentuan sampel dilakukan secara random dengan sistem pengundian dan dilanjutkan dengan uji kesetaraan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-Manova. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 71,28 sedangkan siswa kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe WPS adalah 85,64. Rata-rata prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa yang menggunakan model konvensional adalah 73,56 sedangkan pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe WPS adalah 85,96. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-Manova adalah nilai sig. 0,000<0,05, menolak H0 dan menerima H1, yang berarti model pembelajaran kooperatif tipe WPS berpengaruh positif terhadap aktivitas dan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh WPS, Aktivitas, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) |
Depositing User: | NI MADE DESY PURNAMAYANI |
Date Deposited: | 25 Jun 2021 02:29 |
Last Modified: | 25 Jun 2021 02:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6304 |
Actions (login required)
View Item |