YUNI KARTINI, NI PUTU (2021) HUBUNGAN ANTARA KARAKTER GEMAR MEMBACA DAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS III SD GUGUS III KECAMATAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031182-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031182-ABSTRAK.pdf Download (460kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031182-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (355kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031182-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031182-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031182-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031182-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031182-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (379kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031182-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakter gemar membaca dan keterampilan membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas III SD Gugus III Kecamatan Buleleng. Penelitian ini menggunakan rancangan ex post facto dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Gugus III Kecamatan Buleleng yang berjumlah 104 orang. Sampel pada penelitian ini ada 82 orang yang ditentukan dari populasi menggunakan teknik proportionate Stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik non tes dengan instrumen dalam bentuk kuesioner yang terdiri dari 25 pernyataan untuk pengambilan data karakter gemar membaca dan keterampilan membaca. Data pada hasil belajar bahasa Indonesia diperoleh dengan teknik pencatatan dokumen. Setelah data diperoleh, sebelum dilanjutkan ke pengujian hipotesis dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas sebaran data, uji linieritas dan keberartian arah regresi, uji multikolinieritas, uji autokorelasi, serta uji heteroskedastisitas. Data hasil penelitian yang telah memenuhi uji prasyarat analisis di uji menggunakan analisis statistik inferensial dengan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif secara bersama- sama antara karakter gemar membaca dan keterampilan membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia berdasarkan nilai Fhitung = 16,16 > Ftabel = 3,11 dengan SE sebesar 29%. Artinya, sumbangan secara bersama- sama antara karakter gemar membaca dan keterampilan membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia sebesar 29% pada siswa kelas III SD Gugus III Kecamatan Buleleng. Sehubungan dengan hasil penelitian yang telah dipaparkan, direkomendasikan kepada kepala sekolah sebagai upaya meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di sekolah secara merata pada pertimbangan dalam mengambil suatu keputusan dengan memperhatikan karakter dan keterampilan membaca siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Karakter Gemar Membaca, dan Keterampilan Membaca. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI PUTU YUNI KARTINI |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 00:22 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 00:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6330 |
Actions (login required)
View Item |