PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN RANAH KOGNITIF PADA MUATAN IPA SISWA KELAS V SD

Yuniasih, Ni Kadek (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN RANAH KOGNITIF PADA MUATAN IPA SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031093-COVER.pdf

Download (920kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031093-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031093-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031093-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031093-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031093-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031093-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031093-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031093-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian ranah kognitif pada muatan IPA siswa kelas V SD yang teruji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukarannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D (four-D models) dengan tahap pengembangan yang terdiri dari: (1) tahap define (mendefinisikan), (2) design (merancang), (3) develop (mengembangkan), dan (4) desseminate (menyebarluaskan). Subjek dari penelitian ini adalah instrumen penilaian ranah kognitif pada muatan IPA dengan objek penelitian yaitu kualitas instrumen. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode non-tes dengan instrumen lembar validitas ahli untuk memperoleh hasil uji validitas isi dari ahli (judges) dan metode tes dengan instrumen tes objektif pilihan ganda untuk memperoleh data hasil uji lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas isi yang diperoleh sebesar 0,97 (sangat tinggi) dengan hasil uji validitas butir diperoleh 30 butir soal dinyatakan valid. Indeks reliabilitas instrumen yang telah dikembangkan sebesar 0,85 (sangat tinggi). Rata-rata koefisien daya beda yang diperoleh sebesar 0,51 (baik) dengan tingkat kesukaran perangkat tes sebesar 0,52 (sedang). Simpulan dari penelitian ini adalah instrumen penilaian ranah kognitif pada muatan IPA dapat digunakan dalam melakukan evaluasi atau penilaian pembelajaran pada ranah kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, ranah kognitif, muatan IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI KADEK YUNIASIH
Date Deposited: 10 Jul 2021 11:06
Last Modified: 10 Jul 2021 11:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6404

Actions (login required)

View Item View Item