Yuniasih, Ni Kadek (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN RANAH KOGNITIF PADA MUATAN IPA SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031093-COVER.pdf Download (920kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031093-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031093-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (153kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031093-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031093-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031093-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031093-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031093-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031093-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian ranah kognitif pada muatan IPA siswa kelas V SD yang teruji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukarannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D (four-D models) dengan tahap pengembangan yang terdiri dari: (1) tahap define (mendefinisikan), (2) design (merancang), (3) develop (mengembangkan), dan (4) desseminate (menyebarluaskan). Subjek dari penelitian ini adalah instrumen penilaian ranah kognitif pada muatan IPA dengan objek penelitian yaitu kualitas instrumen. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode non-tes dengan instrumen lembar validitas ahli untuk memperoleh hasil uji validitas isi dari ahli (judges) dan metode tes dengan instrumen tes objektif pilihan ganda untuk memperoleh data hasil uji lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas isi yang diperoleh sebesar 0,97 (sangat tinggi) dengan hasil uji validitas butir diperoleh 30 butir soal dinyatakan valid. Indeks reliabilitas instrumen yang telah dikembangkan sebesar 0,85 (sangat tinggi). Rata-rata koefisien daya beda yang diperoleh sebesar 0,51 (baik) dengan tingkat kesukaran perangkat tes sebesar 0,52 (sedang). Simpulan dari penelitian ini adalah instrumen penilaian ranah kognitif pada muatan IPA dapat digunakan dalam melakukan evaluasi atau penilaian pembelajaran pada ranah kognitif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen penilaian, ranah kognitif, muatan IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI KADEK YUNIASIH |
Date Deposited: | 10 Jul 2021 11:06 |
Last Modified: | 10 Jul 2021 11:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6404 |
Actions (login required)
View Item |