Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Topik Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar

Widiari, Luh Eka Ratna (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Topik Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031062-COVER.pdf

Download (870kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031062-ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031062-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (419kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031062-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031062-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031062-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031062-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031062-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031062-LAMPIRAN.pdf

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan bangun atau prototype, dan menghasilkan produk media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada topik ekosistem kelas V sekolah dasar yang telah teruji validitasnya. Penelitian pengembangan ini menggunaan model penelitian 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (desseminate). Subjek uji coba penelitian pengembangan ini yaitu 2 orang dosen ahli isi mata pelajaran, 2 orang dosen ahli desain pembelajaran, 2 orang dosen ahli media, dan 1 orang guru kelas V serta 9 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu metode kuisioner dengan memberikan lembar penilaian berupa instrumen rating scale skala empat yang diberikan kepada subjek uji coba. Data hasil penilaian media kemudian dianalisis mengunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media yang dikembangkan. Data hasil rata-rata skor dari ahli isi mata pelajaran diperoleh sebesar 3,81 dengan kualifikasi sangat baik, hasil rata-rata skor ahli desain pembelajara diperoleh sebesar 3,68 dengan kualifikasi sangat baik dan rata-rata skor dari ahli media pembelajaran sebesar 3,79 dengan kualifikasi sangat baik. Kemudian dari hasil penilaian guru dari aspek isi materi pembelajaran, desain pembelajaran, dan media pembelajaran diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 3,90 dengan kualifikasi sangat baik. Selanjutnya data hasil uji coba perorangan diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 3,89 dengan kuaifikasi sangat baik dan data hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 3,94 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis uji validitas oleh ahli dan guru, media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada topik ekosistem kelas V sekolah dasar dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, sparkol videoscribe, ekosistem
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Luh Eka Ratna Widiari
Date Deposited: 12 Jul 2021 01:04
Last Modified: 12 Jul 2021 01:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6419

Actions (login required)

View Item View Item