PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK BERORIENTASI PADA MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR PADA TEMA 6 SUBTEMA 1

Widiana, I Komang (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK BERORIENTASI PADA MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR PADA TEMA 6 SUBTEMA 1. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031038-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031038 -ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031038-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031038-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031038-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah selama ini didominasi dengan pengembangan kecerdasan logika-matematika. Padahal, setiap siswa memiliki berbagai macam kecerdasan yang disebut multiple intelligences. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran tematik berorientasi pada kecerdasan majemuk (multiple intelligences). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Pada penelitian ini, uji validitas produk pengembangan hanya dibatasi hingga tahap uji validasi ahli. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar validasi ahli. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji validitas ahli yang telah dilakukan, diperoleh skor rata-rata penilaian ahli sebesar 4,88 untuk produk RPP dengan kategori sangat baik, dan sebesar 4,80 untuk produk LKPD dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki validitas dan kualitas yang baik untuk dapat diterapkan di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran Tematik, Multiple Intelligences
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Komang Widiana
Date Deposited: 14 Jul 2021 00:21
Last Modified: 14 Jul 2021 00:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6502

Actions (login required)

View Item View Item