Dewi, Ida Ayu Gede Juliana (2021) AN ANALYSIS OF STUDENTS’ PERCEPTIONS IN USING UNDIKSHA MOODLE E-LEARNING PLATFORM IN LEARNING LITERATURE COURSES. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021029-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021029-ABSTRAK.pdf Download (425kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (353kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021029- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021029- BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (451kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021029-LAMPIRAN.pdf Download (533kB) |
Abstract
Pandemi membuat adanya peralihan pembelajaran literature courses dari offline menjadi online learning menggunakan online platform bernama Undiksha Moodle e-learning platform. Hal ini menimbulkan adanya beberapa perbedaan pada proses pembelajaran mahasiswa saat pembelajaran literature courses. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dalam penggunakan Undiksha Moodle E-learning pada proses pembelajaran mata kuliah Literatur dilihat dari 5 dimensi serta mengetahui tantangan yang dihadapi mahasiswa saat menggunakan platform ini. Kelima dimensi ini yaitu kefektifan, kegunaan, kekuatan, kelemahan, dukungan kelembagaan merupakan hasil kajian-kajian sebelumnya tentang topik serupa. Desain penelitian ini menggunakan metode campuran. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara semi terstruktur. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris yang mempelajari mata kuliah Literatur dengan menggunakan Undiksha Moodle E-learning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Undiksha Moodle E-learning sudah baik dalam proses pembelajaran mata kuliah Literature. Siswa memiliki persepsi yang sangat kuat dalam tiga dimensi yaitu keefektifan, kegunaan, dan kekuatan. Selain itu, mahasiswa memiliki persepsi netral dalam hal dimensi kelemahan dan persepsi yang kuat dalam hal dimensi dukungan kelembagaan. Selain itu, ada 5 tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam mengoperasikan platform E-learning Undiksha Moodle yang dapat dikatagorikan menjadi 2, yaitu tantangan internal dan eksternal. Tantangan internal yaitu tidak adanya beberapa fitur seperti, fitur video konferensi, fitur pop-up pengingat tugas, terjadinya kerusakan server dan tantangan eksternal yaitu ketimpangan kualitas koneksi internet.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Undiksha Moodle E-learning, Pembelajaran Literatur |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Gede Juliana Dewi |
Date Deposited: | 16 Jul 2021 02:12 |
Last Modified: | 16 Jul 2021 02:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6633 |
Actions (login required)
View Item |