AN ANALYSIS OF THE ENGLISH TEACHERS’ PERCEPTION ON REFLECTIVE THINKING PRACTICE IN ONLINE LEARNING IN SMAS LABORATORIUM UNDIKSHA

Ayu, Ni Kadek Nia Ivana (2021) AN ANALYSIS OF THE ENGLISH TEACHERS’ PERCEPTION ON REFLECTIVE THINKING PRACTICE IN ONLINE LEARNING IN SMAS LABORATORIUM UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021052-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021052-ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021052-BAB 1 PENDHULUAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021052-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021052-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021052-LAMPIRAN.pdf

Download (475kB)

Abstract

AN ANALYSIS OF THE ENGLISH TEACHERS’ PERCEPTION ON REFLECTIVE THINKING PRACTICE IN ONLINE LEARNING IN SMAS LABORATORIUM UNDIKSHA Oleh Ni Kadek Nia Ivana Ayu, NIM 1712021052 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana kemampuan berpikir reflektif guru Bahasa Inggris selama pembelajaran daring dan masalah yang dihadapi oleh guru selama melakukan praktik refleksi. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan TRTQ (Teacher’s Reflective Thinking Questionnaire) sebagai instrumen penelitian yang didistribusikan kepada tiga guru Bahasa Inggris di SMAS Laboratorium Undiksha untuk mengetahui bagaimana guru menilai dirinya sebagai guru yang berpikir reflektif. Wawancara juga dilakukan untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh ketiga guru selama melakukan refleksi dalam pembelajaran daring. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa semua guru Bahasa Inggris telah memiliki persepsi yang baik terhadap implementasi berfikir reflektif. Untuk hasil wawancara, ditemukan tiga jenis masalah yakni permasalahan kelembagaan, permasalahan dari diri guru itu sendiri, dan permasalahan dengan prinsip berpikir reflektif yang mana para guru telah memiliki usaha untuk mengatasi masalah tersebut. Guru harus mempertahankan apa yang telah dia lakukan di kelas dalam proses mengajar dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengembangkan kemampuan berfikir reflective sebagai guru yang terkategori advanced. Kata kunci: Praktik berpikir refleksi, Guru bahasa inggris, Permasalahan dalam praktik refleksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Praktik berpikir refleksi, Guru bahasa inggris, Permasalahan dalam praktik refleksi.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Kadek Nia Ivana Ayu
Date Deposited: 20 Jul 2021 02:27
Last Modified: 20 Jul 2021 02:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6760

Actions (login required)

View Item View Item