PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA TEMA GAWAI DALAM KEHIDUPAN UNTUK SISWA SMP/MTS KELAS VIII

Harumi, Ni Made Maissy Gita (2021) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA TEMA GAWAI DALAM KEHIDUPAN UNTUK SISWA SMP/MTS KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713071005-COVER.pdf

Download (872kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713071005-ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713071005-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis karakteristik tingkat kevalidan, dan tingkat keterbacaan modul IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing pada tema gawai dalam kehidupan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) namun, penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Subjek uji coba adalah 2 orang ahli Pendidikan IPA, 5 orang guru IPA kelas VIII, dan 6 orang siswa kelas VIII. Objek uji coba adalah penilaian uji kevalidan dan uji keterbacaan. Hasil data kualitatif yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Karakteristik modul IPA terpadu yang dikembangkan, yaitu (1) menggunakan tema gawai dalam kehidupan, (2) menggunakan langkah-langkah model pembelajaran inkuiri terbimbing, (3) berisikan petunjuk penggunaan modul, (4) setiap sub materi berisikan fitur ayo lakukan, ayo simak, ayo pahami, ayo berlatih, dan sekilas info. Tingkat kevalidan modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori validitas sangat tinggi, dilihat dari skor angket penilaian oleh 2 orang dosen ahli Pendidikan IPA sebesar 0,98. Tingkat keterbacaan modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat terbaca, dilihat dari skor rata-rata angket penilaian oleh 5 orang guru IPA kelas VIII secara berturut-turut sebesar 4,54 dan 4,24. berdasarkan data hasil penelitian, modul IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing pada tema gawai dalam kehidupan dapat diuji ke tahap selanjutnya yaitu uji kepraktisan, uji keefektifan, dan penyebaran produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: modul, inkuiri terbimbing, gawai
Subjects: L Education > LT Textbooks
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Ni Made Maissy Gita Harumi
Date Deposited: 25 Jul 2021 05:44
Last Modified: 25 Jul 2021 05:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6982

Actions (login required)

View Item View Item