Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Powtoon Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 di SD Negeri 4 Kampung Baru

ARIK FERNANDA PUTRA, PUTU (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Powtoon Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 di SD Negeri 4 Kampung Baru. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611021021-COVER.pdf

Download (422kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611021021-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611021021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611021021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611021021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611021021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611021021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611021021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611021021-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan video pembelajaran ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, karena belum adanya media video pembelajaran yang menunjang proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 4 Kampung Baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rancang bangun video pembelajaran berbantuan powtoon, mendeskripsikan kualitas hasil validasi pengembangan video pembelajaran berbantuan powtoon. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Pengembangan ini bertujuan untuk 1) mengembangkan video pembelajaran pada mata pelajaran IPA, dan 2) Mengetahui validitas video pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Subjek pada penelitian adalah 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran, 1 orang ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji coba perorangan dan 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, 1) metode observasi, 2) metode wawancara, 3) metode pencatatan dokumen, dan 4) metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan Teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah, (1) proses pengembangkan video pembelajaran powtoon menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu, a) tahap analisis kebutuhan, b) tahap desain, c) tahap pengembangan, d) tahap implementasi, dan e) tahap evaluasi, (2) Hasil validitas produk video pembelajaran powtoon dikatakan valid dengan masing-masing penilaian, a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan persentase 93% dengan kategori sangat baik, b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan persentase 90% dengan kategori sangat baik, c) hasil review ahli media pembelajaran dengan persentase 93% dengan kategori baik, d) hasil uji coba perorangan dengan persentase 94,81% dengan kategori sangat baik, e) hasil uji coba kelompok kecil dengan persentase 94,66% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Powtoon, Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: PUTU ARIK FERNANDA PUTRA
Date Deposited: 24 Jul 2021 08:29
Last Modified: 24 Jul 2021 08:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7022

Actions (login required)

View Item View Item