Yusmiari, Ni Putu Mita (2021) PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS PERSUASIF MELALUI BEE (BULELENG EDUCATION EXPOSE) PADA ERA NEW NORMAL DI KELAS VIII A11 SMP NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712011057-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712011057-ABSTRAK.pdf Download (90kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712011057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (127kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712011057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712011057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712011057-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011057-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (48kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712011057-LAMPIRAN.pdf Download (960kB) |
Abstract
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS PERSUASIF MELALUI BEE (BULELENG EDUCATION EXPOSE) PADA ERA NEW NORMAL DI KELAS VIII A11 SMP NEGERI 1 SINGARAJA Oleh Ni Putu Mita Yusmiari, NIM 1712011057 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks persuasif yang diperoleh peserta didik dari penggunaan BEE pada era new normal di kelas VIII A11 SMP Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia kelas VIII A11 dan siswa kelas VIII A11 sedangkan objek penelitian ini adalah pelaksanaan dan hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks persuasif yang diperoleh peserta didik dari penggunaan BEE pada era new normal di kelas VIII A11 SMP Negeri 1 Singaraja. Data pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks persuasif melalui BEE dilihat dari aplikasi yang digunakan, penerapan BEE dalam pembelajaran. Data hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks persuasif yang diperoleh peserta didik dilihat dari kartu data oleh guru Bahasa Indonesia. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Adapun hasil penelitian, yaitu (1) Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks persuasif melalui BEE pada era new normal sudah terlaksana dengan baik. Namun, BEE masih kurang cocok digunakan dalam proses pembelajaran karena aplikasi BEE masih banyak memiliki kekurangan sehingga guru menggunakan aplikasi lain seperti WhatsApp dan Zoom untuk menunjang pembelajaran menjadi lebih efektif. (2) Hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks persuasif yang diperoleh peserta didik dari penggunaan BEE adalah baik. Hal ini dibuktikan dari rata-rata nilai ulangan harian peserta didik yaitu 86,06. Kata Kunci: pembelajaran, teks persuasif, BEE, era new normal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, teks persuasif, BEE, era new normal |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Mita Yusmiari |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 04:25 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 04:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7046 |
Actions (login required)
View Item |