Wantari, Ni Nengah Erna (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE BERBASIS NILAI KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS IV SEMESTER GANJIL DI SD GUGUS XIV KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031368-COVER.pdf Download (480kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031368-ABSTRAK.pdf Download (59kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031368-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (191kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031368-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031368-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031368-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031368-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031368-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031368-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran Model Value Clarification Technique Berbasis Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas IV Semester Ganjil di SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2020/2021. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model Value Clarification Technique Berbasis Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas IV Semester Ganjil di SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah development research dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Metode dalam penelitian ini adalah non tes dengan memberikan kuesioner untuk memeroleh penilaian terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran yang dinilai oleh pakar dan hanya dilakukan penyebaran rencana pelaksanaan pembelajaran pada wali kelas tanpa melaksanakan uji coba, diperoleh hasil: validitas dan reabilitas rencana pelaksanaan pembelajaran pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan yakni validitas rencana pelaksanaan pembelajaran dinyatakan valid dan reliabel. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat mengembangkan rancangan pembelajaran PKn dengan model pembelajaran lainya yang sesuai dengan tujuan pembelajaran maupun dapat membuat pengembangan media pembelajaran yang dikaitkan dengan model pembelajaran VCT berbasis nilai-nilai karakter. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, VCT, Nilai Karakter, PKn
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran, VCT, Nilai Karakter, PKn |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nengah Erna Wantari |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 05:43 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 05:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7112 |
Actions (login required)
View Item |