Yasana, I Wayan (2021) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS X MIPA 3 SMA NEGERI 1 PUPUAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713021018-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713021018-ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713021018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713021018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713021018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713021018-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Pupuan tahun pelajaran 2020/2021 berjumlah 35 orang peserta didik dengan 16 orang peserta didik laki-laki dan 19 orang peserta didik perempuan. Objek penelitian ini terdiri dari objek tindakan yaitu model PBL dengan media pembelajaran daring dan objek amatan yakni keterampilan berpikir kritis peserta didik dan tanggapan peserta didik. Data penelitian dikumpulkan melalui tes keterampilan berpikir kritis dan angket tanggapan peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan 1) nilai keterampilan berpikir kritis peserta didik pada siklus I sebesar 67,8 dengan ketuntasan klasikal 57,14% dan standar deviasi 12,36. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 78 dengan ketuntasan klasikal 88,57% dan standar deviasi 10,52. 2) Respon peserta didik terhadap pembelajaran berkategori positif. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan penerapan model PBL dengan media pembelajaran daring dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Pupuan tahun pelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning, keterampilan berpikir kritis, respon |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | I Wayan Yasana |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 04:41 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 04:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7218 |
Actions (login required)
View Item |