Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berorientasi Nilai Karakter Pada Pembelajaran Ipa Siswa Kelas V Di Sdn 3 Terunyan Tahun Ajaran 2020/2021

Indrayani, I Gusti Ayu Putu Unik (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berorientasi Nilai Karakter Pada Pembelajaran Ipa Siswa Kelas V Di Sdn 3 Terunyan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031035-COVER.pdf

Download (430kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031035-ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1711031035-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1711031035-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
1711031035-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031035-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1711031035-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031035-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031035-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual berorientasi nilai karakter pada materi siklus air kelas V Sekolah Dasar yang valid. Pengembangan media dalam penelitian ini berpedoman pada prosedur 4D yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media dan desain, 2 orang praktisi, 3 orang siswa untuk uji coba perorangan dan 6 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuisioner dan instrumen rating scale dengan skala 4. Data dianalisis dengan rumus Mean untuk mendapatkan rata-rata skor. Rata-rata skor dari ahli materi, ahli media, ahli desain, ahli praktisi, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil secara berturut-turut yaitu sebesar 3,85, 3,79, 3,84, 3,90, 3,86, 3,81 dengan kualifikasi sangat baik/layak. Sehingga secara keseluruhan validitas media pembelajaran audio visual berorientasi nilai karakter berada pada rentangan 3,25 < × < 4,00 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut media pembelajaran audio visual berorientasi nilai karakter layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Audio Visual, Nilai Karakter, Model 4D
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Putu Unik Indrayani
Date Deposited: 24 Jul 2021 09:05
Last Modified: 24 Jul 2021 09:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7270

Actions (login required)

View Item View Item