Priyandana, I Wayan Putra (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Aplikasi Edraw Mindmaster Pada Pembelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Di Sdn 3 Terunyan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
171131129-COVER.pdf Download (373kB) |
|
Text (ABSTRAK)
171131129-ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
171131129-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (136kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
171131129-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
171131129-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
171131129-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
171131129-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
171131129-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
171131129-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran mind mapping berbantuan aplikasi edraw mindmaster pada pembelajaran IPA Siswa Kelas IV di SD N 3 Terunyan yang valid. Pengembangan media dalam penelitian ini berpedoman pada prosedur model 4D yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, dan 2 orang praktisi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuesioner dengan penyebaran instrumen rating scale. Data dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media. Rata-rata skor validitas media pembelajaran media pembelajaran mind mapping berbantuan aplikasi edraw mindmaster dari segi ahli materi sebesar 3,75 dengan kualifikasi sangat baik, dari segi ahli media sebesar 3,41 dengan kualifikasi sangat baik, dan dari segi praktisi sebesar 3,76 dengan kualifikasi sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran mind mapping berbantuan aplikasi edraw mindmaster pada pembelajaran IPA Siswa Kelas IV di SD N 3 Terunyan dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping, IPA, Edraw Mindmaster |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Wayan Putra Priyandana |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 18:18 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 18:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7330 |
Actions (login required)
View Item |