Fitriana, Aida (2021) Model Pengaruh Fasilitas, Motivasi, dan Kedisiplinan terhadap Keberhasilan Belajar Siswa SMK dalam Belajar Matematika. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011047-COVER.pdf Download (393kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011047-ABSTRAK.pdf Download (96kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011047-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011047-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011047-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011047-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011047-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011047-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan model pengaruh fasilitas, motivasi, dan kedisiplinan terhadap keberhasilan belajar Matematika siswa SMK. Jenis penelitian ini ialah ex-post facto dengan rancangan analisis jalur. Ex-post facto ialah suatu riset yang mengkaji kausalitas sebab akibat serta pengaruh faktor-faktor terhadap suatu kejadian dengan merunut ke belakang. Populasinya yakni 1.680 siswa kelas X SMK Negeri di Kota Singaraja tahun ajaran 2020/2021. Adapun sampelnya ada sebanyak 247 siswa serta dipilih dengan teknik proportional sampling. Metode pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Angket dibuat untuk memperoleh data fasilitas, motivasi, serta kedisiplinan belajar. Dokumentasi untuk memperoleh data keberhasilan belajar Matematika. Penganalisisan data dilakukan dengan analisis jalur untuk mengetahui pengaruh langsung serta tidak langsung dari variabel eksogenus terhadap variabel endogenus. Sebelum dilakukan uji analisis jalur, data harus memenuhi uji asumsi klasik. Data juga dideskripsikan dengan statistik deskriptif meliputi ukuran pemusatan data serta distribusi frekuensi. Adapun hasil penelitiannya yaitu pengaruh langsung fasilitas belajar terhadap keberhasilan belajar Matematika ditemukan tidak signifikan, sedangkan untuk pengaruh tidak langsungnya bersifat signifikan yaitu 19,9%. Pengaruh langsung antara motivasi belajar dengan keberhasilan belajar Matematika yaitu 34,9%, sedangkan untuk pengaruh tidak langsungnya ditemukan tidak signifikan. Selain itu, pada penelitian didapatkan bahwa pengaruh langsung antara kedisiplinan belajar dengan keberhasilan belajar Matematika tidak signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fasilitas, motivasi, kedisiplinan, keberhasilan belajar Matematika, analisis jalur |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | AIDA FITRIANA |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 02:58 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 02:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7467 |
Actions (login required)
View Item |