PENGARUH MODEL PROJECT BASED E-LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS FISIKA SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 KEDIRI

Maharani, Ni Made Ema (2021) PENGARUH MODEL PROJECT BASED E-LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS FISIKA SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713021019-COVER.pdf

Download (859kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713021019-ABSTRAK.pdf

Download (331kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713021019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713021019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713021019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713021019-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis fisika siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran project based e-learning (PjBeL) dan model direct e-learning (DeL). Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment research) dengan rancangan one way pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah kelas X MIPA SMAN 1 Kediri yang terdiri dari 6 kelas dengan total populasi 213 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling berbasis kelompok untuk menentukan dua kelas sampel yang akan digunakan. Kelas sampel yang digunakan adalah X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan total sampel 71 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini ialah data keterampilan berpikir kritis yang diambil dengan teknik tes. Instrumen keterampilan berpikir kritis siswa dalam bentuk tes uraian dengan reliabilitas tes sebesar 0,694. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANAKOVA) satu jalur dengan pengetahuan awal sebagai kovariat. Semua pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis fisika siswa antara siswa yang belajar dengan menggunakan model PjBeL dengan siswa yang belajar menggunakan model DeL (F = 86,700; p<0,05). Keterampilan berpikir kritis fisika siswa yang belajar menggunakan model PjBeL lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model DeL (∆μ=16,632 dan LSD=3,466; p = 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model project based e-learning, model direct e-learning, keterampilan berpikir kritis fisika siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Ni Made Ema Maharani
Date Deposited: 26 Jul 2021 14:16
Last Modified: 26 Jul 2021 14:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7567

Actions (login required)

View Item View Item