Maharani, Ni Made Ema (2021) PENGARUH MODEL PROJECT BASED E-LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS FISIKA SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713021019-COVER.pdf Download (859kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713021019-ABSTRAK.pdf Download (331kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713021019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (253kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713021019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (713kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (736kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713021019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713021019-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis fisika siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran project based e-learning (PjBeL) dan model direct e-learning (DeL). Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment research) dengan rancangan one way pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah kelas X MIPA SMAN 1 Kediri yang terdiri dari 6 kelas dengan total populasi 213 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling berbasis kelompok untuk menentukan dua kelas sampel yang akan digunakan. Kelas sampel yang digunakan adalah X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan total sampel 71 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini ialah data keterampilan berpikir kritis yang diambil dengan teknik tes. Instrumen keterampilan berpikir kritis siswa dalam bentuk tes uraian dengan reliabilitas tes sebesar 0,694. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANAKOVA) satu jalur dengan pengetahuan awal sebagai kovariat. Semua pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis fisika siswa antara siswa yang belajar dengan menggunakan model PjBeL dengan siswa yang belajar menggunakan model DeL (F = 86,700; p<0,05). Keterampilan berpikir kritis fisika siswa yang belajar menggunakan model PjBeL lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model DeL (∆μ=16,632 dan LSD=3,466; p = 0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model project based e-learning, model direct e-learning, keterampilan berpikir kritis fisika siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Ni Made Ema Maharani |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 14:16 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 14:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7567 |
Actions (login required)
View Item |