SARI, NI LUH CHINTYA (2021) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031309-COVER.pdf Download (901kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031309-ABSTRAK.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031309-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (196kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031309-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031309-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031309-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031309-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031309-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031309-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kendala yang dialami orangtua dalam membimbing anak untuk belajar dapat berpengaruh terhadap rendahnya motivasi dan hasil belajar IPA siswa khususnya pada muatan IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara pola asuh orangtua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 143 siswa. Teknik pengambilan data dengan menggunakan kuesioner. Analisisqdata yang digunakan adalah regresissederhana dan regresi ganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh orangtua, motivasi belajar, dan hasil belajar saling mempengaruhi. Apabila dijabarkan adalah sebagai berikut; pertama terdapat hasil yang signifikan antara pola asuh dengan hasil belajar yang diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (0,499>0,228), kedua terdapat hubungan signifikan antara motivasi dengan hasil belajar yang diperoleh nilai Fhitung> Ftabel (0,626>0,228), ketiga terdapat hubungan signifikan antara pola asuh dan motivasi terhadap hasil belajar IPA yang diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (0,668 >0,228). Jadi, terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas V Sekolah Dasar secara terpisah dan simultan. Penelitian ini berdampak terhadap perbaikan berupa upaya orangtua, guru, dan masyarakat untuk menanamkan konsep diri yang positif terhadap anak melalui pola asuh yang baik untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola asuh, motivasi, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Chintya Sari |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 11:11 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 11:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7665 |
Actions (login required)
View Item |