Gunawan, Putu (2021) KONTRIBUSI KONSEP DIRI, DISIPLIN BELAJAR DAN EKSPEKTASI KARIR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP LAB SINGARAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929091011-COVER.pdf Download (531kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929091011-ABSTRAK.pdf Download (194kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929091011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (344kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929091011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929091011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929091011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (823kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929091011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929091011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (423kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929091011-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi konsep diri, disiplin belajar dan ekspektasi karir terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Lab Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi yang sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Lab Singaraja yang berjumlah 59 orang siswa. Variabel bebas pada penelitian ini adalah konsep diri, disiplin belajar dan ekspektasi karir. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode kuesioner dan metode studi dokumen. Data tentang konsep diri, disiplin belajar, dan ekspektasi karir dikumpulkan menggunakan kuesioner. Sedangkan data tentang hasil belajar IPS siswa diambil dari nilai ulangan IPS siswa di sekolah. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi liniear berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) terdapat kontribusi yang signifikan konsep diri terhadap hasil belajar IPS siswa, dengan Freg = 58,666 dan kontribusi sebesar 50,70%, 2) terdapat kontribusi yang signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS siswa, dengan Freg = 91,205 dan kontribusi sebesar 61,5%, 3) terdapat kontribusi yang signifikan ekspektasi karir terhadap hasil belajar IPS siswa, dengan Freg = 70,076 dan kontribusi sebesar 55,10%, dan 4) secara bersama-sama, terdapat kontribusi yang signifikan konsep diri, disiplin belajar, dan ekspektasi karir terhadap hasil belajar IPS siswa, dengan Freg = 49,128 dan kontribusi sebesar 72,80%. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel yang paling besar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa adalah disiplin belajar, setelah itu diikuti oleh variabel ekspektasi karir dan konsep diri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konsep diri, disiplin belajar, ekspektasi karir, hasil belajar IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | I Putu Gunawan |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 09:36 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 09:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8026 |
Actions (login required)
View Item |