Pengembangan Media Fun Thinkers Berbasis Soal HOTS Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan

Pranyani, Ni Komang Ayu Indah (2021) Pengembangan Media Fun Thinkers Berbasis Soal HOTS Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031196-COVER.pdf

Download (973kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031196-ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031196-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (501kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031196-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031196-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031196-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031196-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031196-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031196-LAMPIRAN.pdf

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan media fun thinkers berbasis soal HOTS untuk siswa SD kelas IV pada tema 1 indahnya kebersamaan. Pengembangan media fun thinkers berbasis soal HOTS berpedoman pada prosedur model ADDIE dengan tahapan analisis (Analyze), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation). Tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation) tidak dilaksanakan karena penelitian ini berfokus pada pengembangan produk. Subjek yang terdapat pada penelitian pengembangan ini adalah media fun thinkers berbasis soal HOTS untuk siswa sekolah dasar kelas IV tema 1 indahnya kebersamaan sedangkan objek pada penelitian ini adalah validitas media fun thinkers yang dikembangkan. Metode penelitian pengembangan ini adalah metode analisis statistik kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuisioner dengan instrumen pengumpulan data berupa rating scale dengan pemberian instrumen penilaian kepada 2 orang ahli materi soal, 2 orang ahli media, 2 orang respon praktisi, dan 10 orang siswa sebagai respon siswa. Data yang diperoleh dihitung menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media. Rata-rata skor validitas media fun thinkers berbasis soal HOTS dari segi ahli materi sebesar 4.79 dengan kriteria sangat valid, dari segi ahli media sebesar 4.43 dengan kriteria sangat valid, dari segi respon praktisi sebesar 4.63 dengan kriteria sangat valid, dan dari segi respon siswa sebesar 4.95 dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan analisis yang dilakukan bahwa media fun thinkers berbasis soal HOTS untuk siswa SD kelas IV tema 1 indahnya kebersamaan yang dikembangkan sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fun Thinkers, HOTS, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Ayu Indah Pranyani
Date Deposited: 22 Sep 2021 01:56
Last Modified: 22 Sep 2021 01:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8212

Actions (login required)

View Item View Item