Pranyani, Ni Komang Ayu Indah (2021) Pengembangan Media Fun Thinkers Berbasis Soal HOTS Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031196-COVER.pdf Download (973kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031196-ABSTRAK.pdf Download (182kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031196-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (501kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031196-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031196-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031196-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031196-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031196-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031196-LAMPIRAN.pdf Download (21MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan media fun thinkers berbasis soal HOTS untuk siswa SD kelas IV pada tema 1 indahnya kebersamaan. Pengembangan media fun thinkers berbasis soal HOTS berpedoman pada prosedur model ADDIE dengan tahapan analisis (Analyze), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation). Tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation) tidak dilaksanakan karena penelitian ini berfokus pada pengembangan produk. Subjek yang terdapat pada penelitian pengembangan ini adalah media fun thinkers berbasis soal HOTS untuk siswa sekolah dasar kelas IV tema 1 indahnya kebersamaan sedangkan objek pada penelitian ini adalah validitas media fun thinkers yang dikembangkan. Metode penelitian pengembangan ini adalah metode analisis statistik kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuisioner dengan instrumen pengumpulan data berupa rating scale dengan pemberian instrumen penilaian kepada 2 orang ahli materi soal, 2 orang ahli media, 2 orang respon praktisi, dan 10 orang siswa sebagai respon siswa. Data yang diperoleh dihitung menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media. Rata-rata skor validitas media fun thinkers berbasis soal HOTS dari segi ahli materi sebesar 4.79 dengan kriteria sangat valid, dari segi ahli media sebesar 4.43 dengan kriteria sangat valid, dari segi respon praktisi sebesar 4.63 dengan kriteria sangat valid, dan dari segi respon siswa sebesar 4.95 dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan analisis yang dilakukan bahwa media fun thinkers berbasis soal HOTS untuk siswa SD kelas IV tema 1 indahnya kebersamaan yang dikembangkan sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fun Thinkers, HOTS, ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Ayu Indah Pranyani |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 01:56 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 01:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8212 |
Actions (login required)
View Item |