Mandasari, Novy Dwi (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711061054-COVER.pdf Download (622kB) |
|
Text (1711061054-ABSTRAK.pdf)
1711061054-Abstrack.pdf Download (222kB) |
|
Text (1711061054-BAB 1 PENDAHULIAN.pdf)
1711061054-Bab 1 Pendahuluan .pdf Download (288kB) |
|
Text (1711061054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf)
1711061054-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) | Request a copy |
|
Text (1711061054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf)
1711061054-BAB 3 Metodelogi Penelitian .pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) | Request a copy |
|
Text (1711061054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf)
1711061054-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
|
Text (1711061054-BAB 5 PENUTUP.pdf)
1711061054-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (1711061054-DAFTAR PUSTAKA.pdf)
1711061054-Daftar Pustaka.pdf Download (243kB) |
|
Text (1711061054-LAMPIRAN)
1711061054-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penlitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen pengukuran kemampuan keaksaraan awal anak untuk kelompok B Taman Kanak-Kanak yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilaksanakan menggunakan model 4D (Four-D) yang meliputi, 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (develop), 4) penyebaran (disseminate). Dari empat model 4D tersebut, hanya sampai 3 tahapan yang digunakan untuk dijadikan acuan dalam memproduksi dan memvalidiasi instrumen pengukuran, salah satu model 4D tidak digunakan karena keterbatasan waktu dan kondisi. Pada tahap validasi instrumen atau validasi desain penilaian dilakukan oleh dua ahli materi, dan validasi instrumen dalam penelitian ini dihitung menggunakan Gregory. Tahap hasil uji coba instrumen hasilnya akan dihitung menggunakan Alpha Cronbacth. Hasil penelitian ini adalah uji validitas isi sebesar 1.00 yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi, dan uji validitas butir dihasilkan adalah 18 butir valid. Selanjutnya, untuk uji reliabilitas instrumen diperoleh hasil sebesar 0,93 termasuk kategori kriteria tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan tersebut telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Sehingga dapat digunakan sebagai alat pengukuran pembelajaran yang akurat untuk mengukur kemampuan keaksaraan awal anak kelompok B Taman Kanak-Kanak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen pengukuran dan keaksaraan awal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Novy Dwi Mandasari |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 01:07 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 01:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8239 |
Actions (login required)
View Item |