PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK

Mandasari, Novy Dwi (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711061054-COVER.pdf

Download (622kB)
[img] Text (1711061054-ABSTRAK.pdf)
1711061054-Abstrack.pdf

Download (222kB)
[img] Text (1711061054-BAB 1 PENDAHULIAN.pdf)
1711061054-Bab 1 Pendahuluan .pdf

Download (288kB)
[img] Text (1711061054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf)
1711061054-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (1711061054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf)
1711061054-BAB 3 Metodelogi Penelitian .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (1711061054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf)
1711061054-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (1711061054-BAB 5 PENUTUP.pdf)
1711061054-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (1711061054-DAFTAR PUSTAKA.pdf)
1711061054-Daftar Pustaka.pdf

Download (243kB)
[img] Text (1711061054-LAMPIRAN)
1711061054-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penlitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen pengukuran kemampuan keaksaraan awal anak untuk kelompok B Taman Kanak-Kanak yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilaksanakan menggunakan model 4D (Four-D) yang meliputi, 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (develop), 4) penyebaran (disseminate). Dari empat model 4D tersebut, hanya sampai 3 tahapan yang digunakan untuk dijadikan acuan dalam memproduksi dan memvalidiasi instrumen pengukuran, salah satu model 4D tidak digunakan karena keterbatasan waktu dan kondisi. Pada tahap validasi instrumen atau validasi desain penilaian dilakukan oleh dua ahli materi, dan validasi instrumen dalam penelitian ini dihitung menggunakan Gregory. Tahap hasil uji coba instrumen hasilnya akan dihitung menggunakan Alpha Cronbacth. Hasil penelitian ini adalah uji validitas isi sebesar 1.00 yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi, dan uji validitas butir dihasilkan adalah 18 butir valid. Selanjutnya, untuk uji reliabilitas instrumen diperoleh hasil sebesar 0,93 termasuk kategori kriteria tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan tersebut telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Sehingga dapat digunakan sebagai alat pengukuran pembelajaran yang akurat untuk mengukur kemampuan keaksaraan awal anak kelompok B Taman Kanak-Kanak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: instrumen pengukuran dan keaksaraan awal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Novy Dwi Mandasari
Date Deposited: 23 Sep 2021 01:07
Last Modified: 23 Sep 2021 01:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8239

Actions (login required)

View Item View Item