PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN IPA PADA TOPIK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SD TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Kusuma, I Gusti Ayu Agung Istri Dwi Yulianthi (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN IPA PADA TOPIK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SD TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031046-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031046-ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031046-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031046-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031046-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui prototype media video pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran IPA pada Topik Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Model yang digunakan yaitu ADDIE. Pada penelitian ini hanya dilaksanakan tahap analisis, desain, dan pengembangan. Subjek pada penelitian ini adalah media video pembelajaran IPA pada topik sistem pencernaan manusia, sedangkan objek penelitian yaitu validitas media video pembelajaran IPA pada topik sistem pencernaan manusia. Metode pengumpulan data yaitu kuesioner/angket. Validitas media video pembelajaran digunakan instrumen rating scale berupa lembar penilaian validitas media yang diisi oleh dua ahli desain, dua ahli materi, dua ahli media, tiga uji perseorangan, dan enam uji kelompok kecil. Data dianalisis secara deskripsi dengan menghitung mean untuk mengetahui skor rata-rata validitas media video pembelajaran. Rata-rata ahli desain, ahli materi, ahli media, uji perorangan, dan uji kelompok kecil sebesar 3,58, 3,80, 3,73, 3,96, dan 3,85 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan begitu, hasil analisis data menunjukan bahwa pengembangan media video pembelajaran dinyatakan valid, dengan rentang 3,25 < X < 4,00 dengan kualifikasi sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video pembelajaran, Sistem pencernaan manusia, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Agung Istri Dwi Yulianthi Kusuma
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:22
Last Modified: 22 Sep 2021 03:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8252

Actions (login required)

View Item View Item