Pengembangan Media Video Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Materi Garis Bilangan Kelas III SD Negeri 4 Pendem Tahun Pelajaran 2020/2021

Sadewa, i Komang Aditya (2021) Pengembangan Media Video Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Materi Garis Bilangan Kelas III SD Negeri 4 Pendem Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031018-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031018-ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031018-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video interaktif materi garis bilangan kelas III SD yang teruji validitasnya. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu: yaitu tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap evaluasi (evaluation) dan tahap implementasi (implementation). Namun, karena situasi pandemi maka penelitian ini hanya dilaksanakan hanya sampai tahap pengembangan saja. Subjek pada penelitian ini adalah media video interaktif, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas media video interaktif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode kuesioner/angket dan wawancara. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata validasi media video interaktif. Pengembangan media video interaktif dinyatakan valid dengan (1) rata-rata ahli media 4,75, dengan kualifikasi sangat baik. (2) rata-rata ahli desain 4,62 dengan kualifikasi sangat baik. (3) rata-rata ahli materi 4,62, dengan kualifikasi sangat baik. (4) review siswa uji perseorangan 4,63 dengan kualifikasi sangat baik. (5) review siswa kelompok kecil 4,67 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa pengembangan produk video interaktif memiliki rata-rata berada pada rentangan 4,01 < X ≤ 5, dengan kualifikasi “sangat baik”. Dengan demikian dapat diindikasikan bahwa produk video interaktif dinyatakan valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video interaktif, garis bilangan, model ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Komang Aditya Sadewa
Date Deposited: 23 Sep 2021 01:33
Last Modified: 23 Sep 2021 01:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8262

Actions (login required)

View Item View Item