Muttaqin, Hendra Pratisnojati Shoheh (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PERKEMBANGBIAKAN HEWAN UNTUK SISWA KELAS VI SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929041030-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929041030-ABSTRAK.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (208kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1929041030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041030-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929041030-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran interaktif berbasis android yang valid dan praktis pada mata pelajaran IPA pokok bahasan perkembangbiakan hewan kelas VI SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang terdiri dari tahap: 1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Namun, karena keterbatasan waktu, biaya, dan tenaga, maka penelitian ini hanya dilaksanakan sampai tahap pengembangan. Tahap implementasi tidak dilaksanakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media, serta murid kelas VI SD. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada 2 orang dosen dan 3 orang guru sebagai ahli, serta 10 orang murid pada uji coba skala kecil yang bertujuan untuk memperoleh data tingkat validitas dan kepraktisan media hasil pengembangan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas dan kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis android adalah skala nilai berupa lembar penilaian media pembelajaran oleh ahli materi, ahli media, dan murid. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui rerata skor validitas dan kepraktisan media pembelajaran hasil pengembangan. Hasil analisis data terhadap media pembelajaran interaktif berbasis android diperoleh skor validasi oleh ahli materi dengan rerata skor sebesar 4,8 dari skor maksimum 5 dengan kategori “Sangat Baik”, kemudian ahli media diperoleh rerata skor sebesar 4,8 dari skor maksimum 5 dengan kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya skor pada uji coba skala kecil diperoleh rerata skor sebesar 4,5 dari skor maksimum 5 yang berada pada kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian hasil validasi dari ahli materi, ahli media, dan uji coba skala kecil menyatakan bahwa produk pengembangan media pembelajaran berbasis android valid dan praktis. Hasil penelitian ini memberi wawasan kepada program studi Pendidikan Dasar bahwa penggunaan teknologi yang mengikuti perkembangan zaman, akan berdampak positif dalam bidang pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran interaktif, android, perkembangbiakan hewan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Hendra Pratisnojati Shoheh Muttaqin |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 08:44 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 08:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8479 |
Actions (login required)
View Item |