PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI TATA SURYA

Yasa, Ketut Ardika (2021) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI TATA SURYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713071015-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713071015-ABSTRAK.pdf

Download (812kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (814kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (871kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713071015-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Discovery Learning berbasis literasi terhadap hasil belajar IPA siswa SMP pada materi tata surya di SMP Negeri 1 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian one way pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random class sampling yang mengambil kelas secara acak yaitu kelas VIIA2-VIIA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA4-VIIA5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda. Hasil post-test kelas eksperimen 72,36 dan kelas kontrol 59,88, sehingga dapat disimpulkan kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis independent sample t-Test dengan taraf signifikansi 0,05 didapatkan hasil Sig.(2-tailed) 0,00 <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Discovery Learning berbasis literasi dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Discovery Learning berbasis literasi terhadap hasil belajar IPA siswa SMP pada materi tata surya di SMP Negeri 1 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian one way pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random class sampling yang mengambil kelas secara acak yaitu kelas VIIA2-VIIA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA4-VIIA5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda. Hasil post-test kelas eksperimen 72,36 dan kelas kontrol 59,88, sehingga dapat disimpulkan kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis independent sample t-Test dengan taraf signifikansi 0,05 didapatkan hasil Sig.(2-tailed) 0,00 <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Discovery Learning berbasis literasi dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung (Direct Instruction).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar, Literasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Ketut Ardika Yasa
Date Deposited: 16 Oct 2021 16:39
Last Modified: 16 Oct 2021 16:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8513

Actions (login required)

View Item View Item