PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PARA SISWA DI SMP NEGERI 1 KUTA

Suniawati, Ni Wayan Ari (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PARA SISWA DI SMP NEGERI 1 KUTA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929111008-COVER.pdf

Download (895kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929111008-ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929111008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929111008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929111008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929111008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929111008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929111008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (679kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929111008-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan untuk menghasilkan instrumen pengukuran karakter tanggung jawab pada siswa. Jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan. Pada penelitian ini terdapat 10 langkah yang harus ditempuh, yaitu: (1) menetapkan tujuan tes; (2) analisis buku dan sumber belajar lainnya, (3) membuat kisi-kisi; (4) menulis soal; (5) telaah soal (validasi konsep); (6) revisi atau perbaikan soal; (7) reproduksi tes terbatas; (8) uji coba tes (untuk validasi empiris); (9) analisis hasil uji coba (uji validitas); dan (10) merakit soal menjadi tes. Uji validasi dilakukan oleh 5 pakar bimbingan konseling yang terdiri dari 3 dosen bimbingan konseling dan 2 guru bimbingan konseling. Hasil analisis data CVI dan CVR sebesar +1 yang berarti 45 butir pernyataan dinyatakan relevan. Berdasarkan uji validasi empirik dengan product moment maka diketahui rhit > rtab sehingga 45 butir pernyataan dapat dinyatakan valid. Selanjutnya, hasil uji reliabilitas dengan menggunakan teknik alpha cronbach diperoleh r11 = 1.0 dengan kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pengukuran, karakter, tanggung jawab, pengembangan, instrumen
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2)
Depositing User: NI WAYAN ARI SUNIAWATI
Date Deposited: 16 Oct 2021 03:12
Last Modified: 16 Oct 2021 03:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8586

Actions (login required)

View Item View Item