Suniawati, Ni Wayan Ari (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PARA SISWA DI SMP NEGERI 1 KUTA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929111008-COVER.pdf Download (895kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929111008-ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929111008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929111008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929111008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929111008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929111008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929111008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (679kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929111008-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan untuk menghasilkan instrumen pengukuran karakter tanggung jawab pada siswa. Jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan. Pada penelitian ini terdapat 10 langkah yang harus ditempuh, yaitu: (1) menetapkan tujuan tes; (2) analisis buku dan sumber belajar lainnya, (3) membuat kisi-kisi; (4) menulis soal; (5) telaah soal (validasi konsep); (6) revisi atau perbaikan soal; (7) reproduksi tes terbatas; (8) uji coba tes (untuk validasi empiris); (9) analisis hasil uji coba (uji validitas); dan (10) merakit soal menjadi tes. Uji validasi dilakukan oleh 5 pakar bimbingan konseling yang terdiri dari 3 dosen bimbingan konseling dan 2 guru bimbingan konseling. Hasil analisis data CVI dan CVR sebesar +1 yang berarti 45 butir pernyataan dinyatakan relevan. Berdasarkan uji validasi empirik dengan product moment maka diketahui rhit > rtab sehingga 45 butir pernyataan dapat dinyatakan valid. Selanjutnya, hasil uji reliabilitas dengan menggunakan teknik alpha cronbach diperoleh r11 = 1.0 dengan kategori sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengukuran, karakter, tanggung jawab, pengembangan, instrumen |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2) |
Depositing User: | NI WAYAN ARI SUNIAWATI |
Date Deposited: | 16 Oct 2021 03:12 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 03:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8586 |
Actions (login required)
View Item |