Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis dan Berpikir Kritis Pada Pelajaran IPA Terintegrasi Sekolah Dasar

Budiarta, Made Kusuma Dewi (2021) Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis dan Berpikir Kritis Pada Pelajaran IPA Terintegrasi Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929041023-COVER.pdf

Download (921kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929041023-ABSTRAK.pdf

Download (311kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (360kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929041023-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen keterampilan menulis, dan berpikir kritis pada pelajaran IPA terintegrasi Sekolah Dasar yang valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan dengan model 4-D. Model ini terdiri atas empat tahap utama yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian pengembangan ini menghasilkan pada instrumen pertama yaitu ketrampilan menulis dengan mengembangkan soal sebanyak 1 butir. Berdasarkan hasil dari perhitungan CVR, didapatkan 1 soal yang valid. Menurut expert instrument ketrampilan menulis IPA pada siswa kelas IV SD sebesar r11 = 0,86 (terkategori sangat tinggi). Instrumen kedua yaitu kemampuan berpikir kritis IPA berupa soal uraian sebanyak 10 butir. Selanjutnya dilakukan analisis uji validitas isi untuk instrumen kemampuan berpikir kritis IPA pada siswa kelas IV SD menggunakan CVR. Berdasarkan hasil perhitungan CVR didapatkan 10 butir instrumen yang valid dan tidak terdapat instrumen yang tidak valid. Selanjutnya perhitungan reliabilitas instrumen menurut expert instrumen kemampuan berpikir kritis IPA pada siswa kelas IV SD yaitu sebesar r11 = 0,74 (terkategori tinggi). Dengan demikian pengembangan instrumen keterampilan menulis dan berpikir kritis dalam penelitian ini dinyatakan valid dan reliabel serta dapat dijadikan contoh untuk mengukur serta mengembangkan instrumen keterampilan menulis dan instrumen berpikir kritis siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, instrumen asesmen, dan keterampilan menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Made Kusuma Dewi Budiarta
Date Deposited: 16 Oct 2021 02:44
Last Modified: 16 Oct 2021 02:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8593

Actions (login required)

View Item View Item