Cahyani, Ade Putri (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SDN GUGUS I GUSTI NGURAH RAI DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1511031339-COVER.pdf Download (687kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1511031339-ABSTRAK.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAN 1 PENDAHULUAN)
1511031339-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (233kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511031339-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511031339-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511031339-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1511031339-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511031339-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1511031339-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantuan media gambar seri terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Gugus I Gusti Ngurah Rai Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 7 kelas sebanyak 223 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel sebanyak 74 siswa yang terdiri dari kelas IV SD Negeri 1 Sanur sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Sanur sebagai kelas kontrol. Metode dalam pengumpulan data yaitu metode tes, dan instrumen berupa tes uraian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis diperoleh thitung = 7,459 dan ttabel = 2,000 untuk dk = n1+n2-2= 72 dengan taraf signifikansi 5%, karena thitung > ttabel Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata keterampilan menulis bahasa Indonesia kelompok eksperimen X ̅ = 72,68 dan kelompok kontrol X ̅ = 50,75. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantuan media gambar seri berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa kelas IV SDN Gugus I Gusti Ngurah Rai tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai kajian yang relevan untuk memperdalam teori mengenai model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantuan media gambar seri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci : think talk write, gambar seri, keterampilan menulis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | ADE PUTRI CAHYANI |
Date Deposited: | 26 Oct 2019 04:16 |
Last Modified: | 26 Oct 2019 04:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/863 |
Actions (login required)
View Item |