PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SDN GUGUS I GUSTI NGURAH RAI DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Cahyani, Ade Putri (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SDN GUGUS I GUSTI NGURAH RAI DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1511031339-COVER.pdf

Download (687kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1511031339-ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAN 1 PENDAHULUAN)
1511031339-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511031339-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511031339-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511031339-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1511031339-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511031339-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1511031339-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantuan media gambar seri terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Gugus I Gusti Ngurah Rai Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 7 kelas sebanyak 223 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel sebanyak 74 siswa yang terdiri dari kelas IV SD Negeri 1 Sanur sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Sanur sebagai kelas kontrol. Metode dalam pengumpulan data yaitu metode tes, dan instrumen berupa tes uraian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis diperoleh thitung = 7,459 dan ttabel = 2,000 untuk dk = n1+n2-2= 72 dengan taraf signifikansi 5%, karena thitung > ttabel Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata keterampilan menulis bahasa Indonesia kelompok eksperimen X ̅ = 72,68 dan kelompok kontrol X ̅ = 50,75. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantuan media gambar seri berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa kelas IV SDN Gugus I Gusti Ngurah Rai tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai kajian yang relevan untuk memperdalam teori mengenai model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantuan media gambar seri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci : think talk write, gambar seri, keterampilan menulis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: ADE PUTRI CAHYANI
Date Deposited: 26 Oct 2019 04:16
Last Modified: 26 Oct 2019 04:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/863

Actions (login required)

View Item View Item